Lewat ke baris perkakas

KEUTAMAAN PUASA ASYURO

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puasa Asyuro merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada hari ke sepuluh di bulan Muharram. Di tahun 1440 hijriyah ini, tanggal 10 Muharram jatuh pada hari Kamis, 20 September 2018. Berikut keutamaan-keutamaan dari puasa Asyuro :

  1. Sebaik-baik Puasa setelah Puasa Ramadhan

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163).

  1. Menghapus dosa setahun yang lalu

Dari Abu Qotadah Al Anshoriy, berkata,

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

Menurut Ibnu Taimiyah, setiap dosa (baik yang kecil maupun yang besar) bisa dihapus dengan amalan puasa Asyuro ini.

Sedangkan menurut Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, yang dimaksud menghapus dosa disini adalah dosa kecil sebagaimana dalam pembahasan wudhu. Tentunya kita juga berharap semoga Allah mengampuni dosa besar dengan amalan tersebut. Aamin Allahumma Aamiin

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sumber : Rumaysho.com

Dita Fauziah

 

Related Posts

Leave a Reply

Site Menu