Kursus Belajar Mengaji Anak di Jakarta Utara Meliputi Penjaringan, Tanjung Priok, Clincing, Koja, Kelapa Gading, Ancol, Pademangan, Sunter, Tugu dan Sekitar.

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Semoga dalam keadaan sehat baik Iman dan Islamnya ya Sahabat Santri. Kali ini tim coba meneruskan artikel dari REPUBLIKA(dot)CO(dot)ID.

Tulisan ini membahas tentang “Masa Keemasan Anak Belajar Al Qur’an, Kapankah?”. Menurut Rektor Institut Ilmu Quran (IIQ), Dr Ahsin Sakho Muhammad, anak sudah bisa diajarkan membaca Al Qur’an sejak ia bisa bicara. “Usia tiga hingga empat tahun sebaiknya memang sudah diajarkan membaca Al Qur’an atau paling tidak diajarkan melafalkan huruf-huruf Al Qur’an,” ujarnya.

Bahkan, sebelum anak lahir dan masih berada dalam kandungan, orangtua bisa memperdengarkan bacaan-bacaan Al Qur’an, dengan begitu Irama Al Qur’an akan terasa oleh anak yang masih di dalam kandungan. Pada saat-saat itulah seorang anak lahir dari segi spiritual.

Memasuki masa keemasan anak, yaitu antara usia 0 hingga 5 tahun otak masih dipenuhi dengan sel-sel yang dapat menangkap informasi dengan baik. Dengan pertimbangan tersebut, disarankan anak sebaiknya sudah mulai belajar mengenal Al Qur’an dan menjadikannya teman sejak usia emasnya. Di masa-masa ini orang tua harus bisa lebih sabar dan telaten dalam mengajari anaknya.

Caranya bisa sambil jalan-jalan, orang tua masukkan ingatan anak dengan satu ayat yang dibaca berulang-ulang.

Cara lain yang juga cenderung lebih mudah adalah dengan memperdengarkan kaset-kaset bacaan Al Qur’an anak-anak, hal ini akan membuat anak tidak merasa sendirian saat membaca atau menghafal karena ada ‘teman’ di dalam kaset yang juga melakukan hal yang sama.

Orang tua juga dapat membantu anak menghafal dengan memperlihatkan gambar, apalagi bagi anak yang sudah bisa mengerti tulisan, melihat gambar, terlebih yang bergerak, dapat membuatnya berkonsentrasi.

Orang tua dapat mengenalkan Al Qur’an pada sang anak sembari bermain. Misalnya saja, melafalkan huruf-huruf hijaiyah sembari dinyanyikan, maka anak tak akan mengira jika sebenarnya ia sedang diajarkan mengucapkan huruf Al Qur’an dengan benar.

Selain itu, pengucapan huruf hijaiyah secara benar dapat di pelajari dari orang tua. Syaratnya, orang tua juga harus membaca Al Qur’an dengan lafal yang baik dan benar.

Menirukan bacaan yang benar inilah kunci dasar untuk bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Mengenai hafalan, usia lima tahun, anak sudah bisa diajarkan beberapa hafalan surah-surah pendek atau doa sehari-hari. Terlebih pada usia tersebut, anak sedang berada dalam masa emasnya di mana mereka dapat belajar dengan lebih cepat.

Namun jika orangtua juga merasa kurang bisa membaca Al-Qur’an dengan pelafalan yang baik dan benar, orangtua dapat mencari guru yang dapat membantu menguasai cara membaca Al-Qur’an. Salah satu caranya yaitu, kita dapat mengundang guru mengaji untuk mengajarkan baca Al-Qur’an secara privat.

Mengenal Kursus Mengaji Privat

Kursus privat ngaji merupakan sebuah sarana yang tepat bagi orangtua yang ingin anaknya belajar membaca Al-Qur’an. Karena orangtua bisa sambil mengawasi dan mengamati proses belajar anak.

Selain itu, orangtua dan anak juga bisa menghemat tenaga dan waktu untuk datang ke tempat pengajian, dan juga bisa memilih jadwal mengaji sesuai waktu luang yang di miliki.

Salah satu lembaga les privat mengaji adalah Nyantren. Nyantren menyediakan jasa Guru Ngaji Privat untuk Anak, Orang Dewasa, Pemula dan Mualaf. 

 

Kursus Belajar Mengaji Anak di Jakarta Utara

DAFTAR 

Program Guru Ngaji Privat

Program Nyantren Privat merupakan upaya peningkatan pengetahuan umat muslim untuk lebih mengenal Islam dengan ustadz dan ustadzah datang ke rumah (guru ngaji privat).

Visi dan misinya yakni mencetak generasi yang cinta terhadap Al-Qur’an.

Ustad dan Ustadzah ke rumah ini kami bungkus dalam satu program yang bernama Insan Qur’ani (IQ).

Pada segi materi, IQ berfokus pada baca dan tulis Al-Qur’an bagi anak-anak, orang dewasa, Pemula, Mualaf dan Keluarga.

Namun dalam praktiknya tambahan pengetahuan seputar Fiqih (Hukum-hukum Islam), dan Muamalah (Sosial) diikut sertakan dalam pembahasan setiap belajar.

Santri akan mendapatkan kumpulan materi dalam bentuk Rencana Proses Pembelajaran (RPP) dan Silabus. Hal ini memudahkan dalam proses monitoring Sahabat Santren.

Kursus Belajar Mengaji Anak di Jakarta Utara

Selain dari segi materi yang luas. Jangkauan program IQ sudah bisa dinikmati di area Jabodetabek.

Khusus Jakarta Utara, Jangkauannya seperti Penjaringan, Tanjung Priok, Clincing, Koja, Kelapa Gading, Ancol, Pademangan, Sunter, Tugu dan Sekitar.

Masih banyak lagi daerah yang sudah bisa menikmati layanan IQ di Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Ustadz dan Ustadzah

Ustadz dan Ustadzah yang bekerjasama dengan Nyantren merupakan Mahasiswa atau alumni perguruan tinggi Islam.

Mayoritas Ustadz dan Ustadzah telah memiliki sertifikat tahsin dan hafalan Al-Qur’an yang baik.

Karena pada proses penyeleksian dua hal diatas merupakan syarat dan ketentuan yang harus dimiliki oleh pengajar di Nyantren.

Usia Ustadz dan Ustadzah di Nyantren terbilang muda yakni dibawah usia 35 tahun. Agar proses pembelajaran lebih friendly.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika Sahabat Santren memiliki permintaan Ustadz atau Ustadzah lebih dewasa agar lebih tegas dalam proses belajar.

Nyantren akan siap melalukan kerjasama dengan Ustadz dan Ustadzah tersebut.

Prihal asal kampus dan pondok pesantren Ustadz dan Ustadzah beragam seperti Gontor, LIPIA Jakarta, Al-Hikmah Jakarta, STEI SEBI, UIN Syarif Hidayatullah dan kampus Islam lainnya.

Tingkatan Santri Pada Program IQ

Proses pembelajaran pada program IQ berdasarkan kemampuan santri.

Pada level dasar, materi Al-Qur’an mulai dari Iqra yakni mengenal huruf Hijaiyah. Materi Fiqih akan dimulai dari cara bersuci dengan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

Pada level lanjutan, materi baca tulis Al-Qur’an sudah masuk pada tahap pembenaran bacaan (Tahsin). Fokus pada panjang dan pendek dan hukum bacaan yang benar.

Level Atas yakni bagi sahabat yang sudah baik bacaan Al-Qur’an nya dan ingin menghafal. Nyantren memfasilitasi kebutuhan Sahabat Santren dengan bekerjasama dengan Ustadz atau Ustadzah.

Pada setiap tingkat, Tim akan melalukan pretest agar siswa dikelompokan sesuai tingkatannya. Agar target sesuai dengan kemampuan awal siswa maka estimasi waktu yang perlu digunakan selama proses belajar bisa diketahui.

Cara Mendaftar Kursus Pivat Ngaji

Sahabat Santren bisa hubungi Admin 0852 1321 1110 atau isi form registasi online disini.

Bagi Sahabat Santren di Cibubur dan sekitarnya bisa ke kantor di Jalan SMPN 258 NO. 15 C RT/RW 05/010 Cibubur Jakarta Timur.

Semoga bermanfaat ya Sahabat Santren

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published.